Lempok Durian Manis Legit Khas Samarinda

Ini dia kudapan lezat yang sering dijadikan buah tangan oleh para pelancong. Lempok durian ini tampaknya akan memanjakan lidah para pencinta durian. Tak hanya dapat menikmati sedapnya durian, Anda juga akan dimanjakan dengan sensasi legit dari paduan gula merah dan durian beku tersebut.

Kudapan satu ini juga pas dinikmati bersama kopi hitam atau teh hangat. Lempok durian dapat Anda temukan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh yang tersebar di Samarinda.

Lempok adalah panganan khas Indonesia yang berasal dari durian. Makanan khas dari kota Samarinda ini sejenis dodol tetapi tidak menggunakan bahan campuran seperti tepung atau 100% memakai bahan dasar buah durian saja.

Lempuk Durian ini cukup awet dan tahan lama, hal ini dikarenakan proses pembuatannya sangat alami. Rasa manis dan aroma khas durian, menjadikan lempuk begitu lezat untuk disantap.

Selain Samarinda, lempok durian juga ditemukan di Pontianak.

Saat ini para pengusaha melakukan perubahan sistem kerja pembuatan lempok durian, jika pada awal usahanya memakai alat-alat tradisional seperti kuali dan kayu bakar, kini ia menggunakan mesin yang lebih produktif.

untuk membuat lempok, diperlukan durian segar dan matang. Bahan baku tersebut diperolehnya dari sejumlah daerah di pedalaman hulu Kalimantan, Jawa, dan Sumatra. Sedianya, durian tersebut bakal dicampur sejumlah bahan lainnya. Selanjutnya, adonan diaduk menggunakan mesin berbahan bakar gas. Setelah matang, lempok durian dikemas dalam bermacam ukuran yang akan menentukan harga. Untuk ukuran besar dijual seharga Rp 20 ribu per kemasannya. Sedangkan ukuran sedang dan kecil, masing-masing dijual Rp 10 ribu dan Rp 5 ribu per kemas.

Cara pembuatan lempok durian, hampir sama dengan membuat dodol, tapi bedanya dodol dibuat dengan campuran tepung ketan, sementara lempok dibuat tanpa ada campuran ketan.

Ini yang membuat lempok memiliki aroma serta rasa durian yang cukup kuat.

Beberapa orang mengemasnya dengan bentuk persegi panjang, sebagian lagi dengan bentuk silinder namun ada juga yang membungkus lempok dengan bentuk seperti permen.

Bahan – bahan :

  1. 4-5 kg durian masak dan manis
  2. 1 kg gula Pasir
  3. 1 sdt garam

 

Peralatan :

– Pisau besar

– Kompor

– Panci besar / kuali

– Centong / Adukan Dodol

– Plastik kemasan Lempok

 

Cara Membuat :

  1. Belah durian lalu ambil dagingnya dari bijinya, hingga 4-5kg
  2. Campurkan 1 kg gula pasir dan tambahkan 1 sdt garam.
  3. Masukkan semua bahan kedalam panci /kuali, panaskan di atas kompor dengan api sedang
  4. Aduk terus adonan lempok dalam kuali, hingga Kira-kira membutuhkan waktu pengadukan selama 3-4 jam.
  5. Setelah Lempok lengket dan kental/kenyal , angkat
  6. Dinginkan hingga Lempok mengeras, kemas dengan plastik kemasan.

 

Tips :

  • Proses memasak lempok biasanya menggunakan tungku yang dibuat dari drum bekas dibagi dua (setengah bagian drum) kemudian dibuat lubang kayu.
  • Lama pengadukan hingga 3-4 jam.
  • Lempok dapat dikemas dalam plastik dan siap untuk dijual atau buat dikonsumsi sendiri juga boleh.

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *